Sistem informasi
Sistem informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen. Sistem Informasi Penjualan adalah suatu sistem informasi yang mengorganisasikan serangkaian prosedur dan metode yang dirancang untuk menghasilkan, menganalisa, menyebarkan dan memperoleh informasi guna mendukung pengambilan keputusan mengenai penjualan.
Definisi lainnya
* Sistem Informasi adalah sekumpulan hardware, software, brainware, prosedur dan atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan
* Sistem Informasi adalah satu Kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara maupun tulisan.
* Sistem Informasi adalah Proses yang menjalankan fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk kepentingan tertentu; kebanyakan SI dikomputerisasi.
* Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Dalam sistem informasi diperlukannya klasifikasi alur informasi, hal ini disebabkan keanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh pengguna informasi. Kriteria dari sistem informasi antara lain, fleksibel, efektif dan efisien.
* Sistem informasi adalah kumpulan antara sub-sub sistem yang salaing berhubungan yang membentuk suatu komponen yang didalamnya mencakup input-proses-output yang berhubungan dengan pengolaan informasi (data yang telah dioleh sehingga lebih berguna bagi user)
* Suatu sistem informasi (SI) atau information system (IS) merupakan aransemen dari orang, data, proses-proses, dan antar-muka yang berinteraksi mendukung dan memperbaiki beberapa operasi sehari-hari dalam suatu bisnis termasuk mendukung memecahkan soal dan kebutuhan pembuat-keputusan manejemen dan para pengguna yang berpengalaman di bidangnya.
Analisis Sistem Informasi
ANALISIS SISTEM INFORMASI
1. SISTEM
• Sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu. (“SIM : Raymond McLeod. Jr, 18 “)
• Sistem adalah kumpulan manusia, mesin dan metode yang terorganisir untuk memenuhi berbagai fungsi yang spesifik. (“American National Standards Committee/ANSC”)
• Sistem adalah kumpulan subsistem-subsistem yang saling terkait satu sama lainnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
2. INFORMASI
Sebelum membahas informasi terlebih dahulu kita harus mengerti tentang pengertian data.
• Data adalah Fakta-fakta dan angka-angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai. (“SIM :Raymond McLeod.Jr, 18”)
• Data adalah kelompok teratur simbol-simbol yang mewakili kualitas, tindakan, benda dan sebagainya (“SIM: Gordon B. Davis, 29 “)
• Informasi adalah Data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau mendatang (“SIM : Gordon B. Davis, 28”)
• Informasi adalah data yang telah diproses atau data yang memiliki arti. (“SIM : Raymond McLeod, 18”)
3. ANALISA SISTEM
Analisis adalah proses pendefinisian kebutuhan untuk memperoleh sebuah pemecahan suatu masalah. Analisis sistem adalah penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian komponennya dengan tujuan untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikannnya.
Untuk mendapatkan hasil yang baik dalam merancang suatu sistem, maka diperlukan terlebih dahulu adanya sistem informasi tentang sistem yang sedang berjalan, meliputi deskripsi prosedur dan analisa dokumen yang digunakan.
Beberapa alasan perlunya menganalisa sistem yang sedang berjalan adalah sebagai berikut :
a. Sistem yang sedang berjalan akan dijadikan dasar untuk perancangan sistem baru atau yang akan dikembangkan.
b. Untuk bahan pertimbangan dalam perancangan sistem yang baru.
c. Sistem yang sedang berjalan bisa dijadikan bahan acuan untuk menentukan karakteristik sistem yang baru.
Analisa sistem merupakan dasar pelaksanaan perancangan sistem, kesalahan yang dilakukan pada tahap analisis sistem merupakan awal kehancuran dari seluruh sistem yang dibangun.
4. Diagram Alir Dokumen
Meliputi bahasan-bahasan tentang pengertian Diagram Alir Dokumen, simbol-simbol Diagram Alir Dokumen, penerapan Diagram Alir Dokumen dan evaluasi sistem menggunakan SWOT analysis.
Definisi dan tujuan
•Analisis sistem terstruktur adalah prosedur yang dilakukan untuk membuat spesifikasi sistem informasi baru
•Dalam melakukan analisis sistem butuh lebih banyak kreativitas
•Analisis sistem adalah identifikasi masalah, penyusunan dan pengurutan alternatif solusi atas masalah tersebut
•Analisis sistem terstruktur adalah analisis sistem yang menggunakan peralatan analisis sistem terstruktur seperti DFD.
Tujuan analisis sistem
•Mendefinisikan masalah secara tepat
•Menyusunan beberapa alternatif solusi
•Memilih dan mempertimbangkan satu dari beberapa alternatif solusi tsb
•Menyusun spesifikasi logis
•Menyusun persyaratan fisik
•Menyusun anggaran untuk dua fase penyusunan sistem selanjutnya, yaitu desain dan implementasi sistem
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar